rss

Kamis, Mei 14, 2009

Hati-hati dengan Phising

Dalam dunia internet memang rawan sekali akan kejahatan, banyak berbagai modus kejahatan, salah satu adalah phising. Pengertian Phising itu sendiri adalah sustu proses pencurangan yang dilakukan oleh seorang phiser terhadap pengguna internet yang biasanya berkenaan dengan suatu informasi keuangan (bisa nomor rekening atau kartu kredit) dan data pribadi ( username dan pasword ). Dari pihak phiser (pencuri) biasanya membuat website palsu yang akan mengarahkan data pelanggan ke server milik mereka. Para user yang mengakses ke suatu situs resmi, akan terjebak masuk ke situs buatan mereka, dengan begitu tentunya si pencuri akan mengetahui data-data pribadi dari si korban. Dan dengan mudah mereka bisa melihat bahkan merubah data-data pribadi sikorban bahkan dengan data-data tersebut seorang phiser akan memindahkan isi rekening dari korbannya ke rekening mereka. Sungguh terlalu............!!
Selain itu mereka juga bisa membuat email palsu seolah-olah itu dari institusi resmi yang meminta calon korbanya untuk mengirim data ulang dengan berbagai macam alasan, sehinggan bisa saja korban tanpa sadar telah tertipu dan memberikan data kepada si phiser itu sendiri.

Akhir akhir ini pencurian data berupa nama dan pasword ketika sedang melakukan login pada account yahoo lebih sering terjadi. Hal ini disebabkan karena pengguna yahoo sebagian besar merupakan kaum bisnisman yang tentunnya merupakan ladang yang subur bagi seorang phiser. oleh karena itu perlu berhati-hati saat login di yahoo. karena bisa saja data-data loe tidak dikirim ke server yahoo melainkan ke tempat lain, oleh karena itu maka kita sekali lagi harus berhati-hati saat mengakses internet. Agar kita tidak terjebak kedalam modus seperti ini.


Berikut ini ada beberapa tips yang bisa loe perhatikan agar tidak terjebak kedalam phising dan tidak memasukan serta mengirim data ke alamat server yang salah
1. hendaklah berhati-hati terhadap email yang di dapat dari institusi keuangan loe, pastikan itu benar-benar email dari mereka! Perhatikan cara pengetikan, serta loggo dari perusahaan itu sendiri
2. perhatikan kesalahan dalam penggunaan bahasa pada email tersebut. Jika terjadi banyak kesalahan perlu di waspadai apakah itu email resmi atau bukan
3. perhatikan simbol @ pada alamat website yang ada, pastikan itu benar! Misalnya alamat tersebit bertuliskan www.klikbca.com@phiser.com dan browser tidak akan memproses ke alamat klikbca.com melainkan ke alamat setelah simbol @ jadi apabila masuk ke alamat tersebut yang ada loe masuk ke server phiser.com bukan klikbca.com, salah alamat bukan?
4. perhatikan lagi tulisan alamat situs, ada beberapa alamat situs yang bisa saja berganti atau mirip, misalnya alamat paypal.com yang mirip dengan paypa1.com (mengganti huruf l dangan angka 1)
5. pada website resmi biasanya pada bagian kanan bawah terdapat tanda berupa icon gembok yang menunjukan securitis dari web tersebut, apa bila tidak ada tanda tersebut loe perlu berhati-hati dan lebih baik tidak meneruskan sebelum pasti keamanannya.
6. pada web browseer biasanya juga dilengkapi dengan sertifikat keamanan, apabila ada peringatan. Lebih baik urungkan saja, niat untuk masuk ke web tersebut.
Demikan lah sedikit tips dari gue, agar loe lebih berhati-hati jangan sampai loe menjadi korban yang ke sekian kalinya. Dan akhir kata sepeti kata bang NAPI, kejahatan itu terjadi bukan hanya karna niat dari si pelaku tetapi karna juga adanya kesempatan, maka dari itu WASPADALAH!, WASPADALAH!, WASPADALAH!!!!!!!!!!!.....................


Artikel Terkait



1 komentar:

Moch.Rasyid on 8 November 2009 00.04 mengatakan...

wah, emang sekarang sudah banyak sekali situs yang membahas tentang phising...tapi masih saja banyak orang yang terkena trik ini...kira - kira bagaimana cara mengatasinya yah ?


Posting Komentar

sok, coment dulu atu..

blog "GUE" on Facebook
 

Komentar Pengunjung

sobat blogger's