rss

Selasa, Desember 08, 2009

Solusi beberapa masalah Ponsel

Ponsel yang kita miliki mungkin saja pernah mengalami masalah, mulai dari masalah hardware hingga software. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari prosedur pemakaian yang salah, kecelakaan misalnya jatuh, hingga crash akibat software yang memang sedang bermasalah. Permasalahan yang parah seperti jatuh atau kena Air (maklum saja sekarang musim hujan), tidak akan bisa diatasi sendiri, melainkan perbaikannya harus dilakukan oleh tangan yang ahli. Solusinya bisa Anda bawa ke service center terdekat. Jika Anda memang memiliki sedikit pengetahuan tentang ponsel, nggak ada salah mengotak-atiknya sendiri.
Hal ini tidak berlaku bila ponsel yang Anda gunakan tiba-tiba bermasalah akibat kesalahan pemakaian atau crash software. Kurasakan yang diakibatkan oleh hal ini, tentu tidak terlalu parah dan bisa diatasi dengan mudah. Berbekal sedikit pengetahuan tentang otak-atik ponsel, tentu hal ini bisa kita diatasi tanpa bantuan orang lain. Penasaran? Simak proses P3K pada ponsel yang bermasalah di bawah ini.



* Ponsel kena Air.

Musim hujan sedang berlangsung, bahkan di berbagai daerah masih dilanda bencana banjir. Ponsel yang kita gunakan tentu sangat rentan terhadap air, apalagi air hujan yang notabene mengandung nitrogen dan karbonat. Apabila dibiarkan dalam tempo 24 jam, akan terjadi korosi yang berdampak pada kerusakan komponen dalam ponsel.
Jika ponsel Anda terkena air hujan atau air laut, langkah mengatasinya adalah Lepas baterai terlebih dahulu. Segera bongkar ponsel tersebut, kemudian masukkan atau cuci didalam cairan IPA atau thinner A spesial, hal ini untuk mencegah mengkristalnya garam akibat proses kristalisasi bertingkat.-> usahakan sampai kering, langkah ini bisa dengan bantuan hairdryer. Setelah bener-bener kering baru bisa dipasang.
Dalam tingkat yang lebih parah, kristalisasi pada air hujan yang berada pada mainboard akan merusak ponsel Anda, jika sudah begini maka solusi terakhir adalah mengganti mainboardnya.
Tindakan preventif bisa dilakukan saat musim hujan berlangsung. Lindungi ponsel Anda, dan hindari sedapat mungkin dari siraman air hujan. Matikan ponsel bila perlu, sebab saat ponsel menyala dan terkena air, bisa dipastikan akan terjadi hubungan singkat (korsleting).Setelah terlindung dari siraman hujan, sebaiknya ponsel yang sudah dimatikan tadi tidak langsung dinyalakan, sebab bisa jadi percikan air masuk ke sela-sela chasing.
Solusinya, buka chasing dan cek apakah ada air yang masuk. Umumnya saat musim hujan, mainboard ponsel akan dalam kondisi lembab. Bersihkan ponsel dengan lap bersih dan kering, dan pastikan ponsel tidak dalam keadaan lembab. Jika memiliki perangkat blower, maka bisa dilakukan reflow pada mainboard ponsel.

* Simcard di Blokir

Simcard pada ponsel yang akan diblokir bila Anda sengaja atau tidak sengaja memasukkan PIN yang salah. Penggunaan PIN memang dianjurkan karena mencegah tangan jahil yang mungkin saja menyalahgunakan ponsel Anda, namun perlu dicatat juga, penggunaan PIN juga sangat rentan terjadi bila salah pemakaian. Ketika PIN simcard diaktifkan maka secara otomatis unsur didalamnya akan terproteksi. Mulai Jaringan, akses phone book, PIM Simcard, hingga STK (sim tool kit). Memasukkan PIN yang salah sebanyak 10 kali akan mengakibatkan pemblokiran kartu. Pada tahap selanjutnya Ponsel akan meminta PUK.
Solusinya mudah saja, yang harus dilakukan adalah segera menghubungi customer service operator Anda. Gunakan simcard lain untuk melaporkan adanya pemblokiran kartu. Jangan lupa,catat nomor ICCID yang ada dibalik simcard.sebab CS akan menanyakan nama anda, nomor ponsel, dan nomor ICCID. Sebagai tambahan, Anda juga harus ingat nomor terakhir yang pernah dihubungi, sebab ada juga CS yang menanyakan hal ini. Jika sudah selesai, maka CS akan memberitahukan kode PUK untuk membuka ponsel Anda yang terkunci.

* Kirim MMS Sendiri

Kasus Ponsel yang kerap mengirimkan MMS atau SMS sendiri kerap terjadi pada pengguna ponsel cerdas yang memiliki sistem operasi. Kondisi ini terjadi karena ada semacam bug pada ponsel yang menyerang sistem ponsel. Bug ini masuk kedalam system dan menginfeksi image dan video (umumnya 3GP) kemudian memerintahkan ponsel untuk mengirimkannya ke nomor tertentu. Destination number( nomor tujuan) diambil dari phone book ponsel secara random(acak) sehingga sangat mengganggu pemilik ponsel. Yang fatal adalah ketika bug ini mengirimkan konten pribadi yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi publik.
Deteksi dini kasus ini bisa dilihat di message-> sent jika Anda tidak pernah merasa kirim MMS kemudian di folder ini banyak pesan MMS yang dikirimkan ke nomor tertentu, maka bisa dipastikan ponsel Anda sudah terinfeksi. Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, sebab Anda bisa melakukan hardreset atau Format. Atau jika tidak ingin data anda hilang, maka sebaiknya bekali ponsel dengan aplikasi F-secure.
1. Buka web browser pada ponsel ( GPRS harus aktif)
2. Masuk ke http://mobile.f-secure.com
3. Pilih link Download F-Secure Mobile dan pilih model ponsel
4. Download file dan langsung buka setelah selesai download
5. Install F-Secure Mobile
6. masuk ke menu dan start F-Secure
7. Activate dan scan all files
8. Reboot ponsel.

* Memori Penuh Akibat Penggandaan

Bug yang biasanya menyerang komputer kini secara perlahan tapi pasti beralih ke ponsel. Meski tidak sampai merusak sistem ponsel, namun serangan sporadis yang dilakukan bug ini cukup mengganggu. Korbannya adalah storage card atau MMC. Bug dan virus yang masuk ke Storage umumnya menggandakan diri. Misalnya folder image, akan digandakan menjadi image1 dst. Bahkan data video seperti 3GP juga tidak luput dari penggandaan. Jika Anda tidak merasa menggandakan file tersebut, maka dipastikan storage sudah terinfeksi. Solusinya, Cabut storage-> masukkan dalam card reader-> lakukan scanning dengan Mc Afee atau Norton. Jika perlu Format Storage card / MMC -> mode FAT 32.

* MMC Rusak, Tolong Format

Hang pada ponsel yang menggunakan sistem operasi baik windows maupun symbian, terjadi karena salah perawatan. Kerap dijelaskan bahwa symbian memungkinkan kita untuk multitasking( menjalakan beberapa aplikasi secara bersamaan) jika anda lupa menutupnya kembali, besar kemungkinan akan terjadi hang. Solusinya, jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sedang terbuka. Caranya tekan dan tahan tombol menu beberapa saat. Selanjutnya akan muncul apps yang terbuka-> pilih Close Apabila sudah parah, umumnya ditandai dengan notifikasi pesan “mmc corrupt, please format” jika sudah begini, memori Anda wajib diformat. Apabila perlu, ponsel Anda juga harus di format dengan mode hardreset.

* Restart Sendiri

Ponsel mati hidup berulang- ulang. Untuk kerusakan ini, disebabkan karena software tidak stabil atau waktu penginstalan tidak sempurna. Alternatif pertama adalah melakukan format (untuk type smartphone) Solusi kedua adalah melakukan up grade software dan mengganti file *.pm. sehingga software yang lama akan digantikan oleh yang baru. Langkah ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan Repair Box.

* No Charging

Tidak dapat mengisi ulang baterai. Ada beberapa kemungkinan kerusakan. Pertama kerusakan terjadi pada charger. Cara mengetahuinya coba Charge ponsel lain sejenis. Kedua terjadi pada konektor pengisian ulang yang ada di ponsel. Ketiga system power ponsel sudah tidak memadai. Dan keempat, disebabkan karena baterainya rusak. Untuk memastikan kerusakan diperlukan mengecek satu per satu.

* Message System Error/ Fail

Kasus ini terjadi ditandai dengan gagalnya pengiriman SMS/MMS ke nomor tujuan. Ada sejumlah kemungkinan, pertama dalam ponsel terinstall program yang berhubungan dengan SMS, misalnya SMS Spam block, atau SMS Love. dan sebagainya. Yang patut diingat, tidak semua aplikasi third party bersifat terbuka dengan aplikasi lain sehingga besar kemungkinan terjadi crash software. Langkah dini yang wajib dilakukan, Uninstall semua program itu.
Kedua, Storage pada system ponsel penuh sehingga ketika sending message tidak bisa melakukan pengiriman -> harusnya pesan berada di folder outbox yang merupakan temporary storage. Jika kapasitas penuh-> folder Outbox akan melakukan reject.
Ketiga, kegagalan pengiriman bisa terjadi karena jaringan,misalnya: tidak mendapat sinyal, atau bisa jadi message service center tidak sesuai. Cek layanan pesan-> dan masukkan sesuai dengan operator yang digunakan. Hubungi operator Anda.

* Ponsel Matot namun masih bisa mengisi baterai


Matot kerap menjadi momok pengguna. Beberapa kasus matot justru terjadi akibat rusaknya switch on/off. Sebelum analisa lebih lanjut, lakukan pengecekan pada tombol switch On/Off, jika memungkinkan lakukan penggantian. Kerusakan lain, bisa disebabkan oleh kerusakan pada hardware dan kemungkinan terbesar, kerusakan terjadi pada IC PA.

* Baterai Ponsel Selalu Terkuras

Boros baterai, ponsel yang dapat menguras isi baterai dalam waktu yang singkat walaupun menggunakan baterai yang baik dan normal. Bersihkan kaki-kaki konektor baterai sehingga arus listrik bisa mengalir dengan baik. Analisa lainnya, telah terjadi kerusakan juga terjadi pada ICPA, dengan tingkat kerusakan 50%. Solusinya, bisa dilakukan reflow atau penggantian IC.

* Batterai ponsel Panas

Battery terasa panas saat terpasang. Kerusakan dapat terjadi pada ICPA, konektor baterai atau baterainya yang rusak. Dengan demikian diperlukan penelahan terhadap kerusakan. Jika mengalami hal seperti ini, coba dulu mengganti baterai lain dan lakukan deteksi. Bila tetap panas, dipastikan kerusakan terjadi pada dua kemungkinan lainnya.

* Kinerja Lambat

Kinerja ponsel yang lambat kerap dikaitkan dengan storage memori yang penuh. Rapikan folder agar tidak terlihat acak atau seperti sampah dengan cara buat folder baru agar MMC dapat tertata dengan rapi. Agar kita bisa dengan mudah dapat mengetahui file apa yang terdapat di folder tersebut. Faktor lain, sebaiknya install applikasi atau game yang tidak trial agar MMC dapat membaca dengan baik dan agar kita tidak sering melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Karena dapat menyebabkan MMC corrupted.



demikian sedikit informasi yang dapat gue sampaikan  semoga dapat menambah pengetahuan loe tentang ponsel loe, sehingga jika loe mengalami gangguan di ponsel, loe gak perlu panik apalagi samapi dibawa ke klinik. hehe.... kan sayang duit kalao kita bisa benerin sendiri..

Artikel Terkait



1 komentar:

Berita Terbaru on 26 Juli 2011 23.31 mengatakan...

info tentang Solusi beberapa masalah Ponsel dari anda sanagt berguna sekali,.,


Posting Komentar

sok, coment dulu atu..

blog "GUE" on Facebook
 

Komentar Pengunjung

sobat blogger's